Perkembangan fisik Tubuh Manusia.

 

Tubuh manusia berubah mulai sejak berupa sel sederhana yang selanjutnya secara bertahap menjadi manusia yang sempurna. Sel sederhana berasal dari sel kromosom sperma yang identik dengan kromosom sel telur, pada prosesnya akan terjadi kromosom yang tidak homolog yang akan menjadi laki-laki.

Lima minggu setelah terjadi konsepsi, bakal jantung mulai berdenyut yang selanjutnya akan membagi menjadi serambi kiri dan kanan pada minggu ke-9. Sedangkan pada minggu ke-13, janin sudah mulai berbentuk yang ditandai dengan berfungsinya berbagai organ, yang selanjutnya pada usia 18 minggu mulai terasa gerakan dari janin.

Pada usia 32 minggu, janin mulai mempersiapkan diri untuk dilahirkan dengan kepala di bawah makin mendekati lubang kelahiran. Pada saat ini gerakan semakin berkurang. Perkembangan tercepat terjadi pada saat setelah kelahiran sampai remaja.

Perubahan fisik yang sangat nyata, terjadi pada saat pubertas, yang ditandai di antaranya dengan tanda kedewasaan berupa tumbuhnya rambut pada daerah-daerah tertentu dan fungsi organ-organ reproduksi (organ genitalia).

Perkembangan pengetahuan pada manusia sangat dipengaruhi oleh perkembangan pengetahuan semasa anak-anak, berupa bimbingan yang baik oleh orang tua dan lingkungan yang terus akan terbawa sampai dewasa.

Sampai usia 2 tahun, perkembangan kecerdasan sangat cepat, dari belajar, makan, berbicara dan berjalan. Pada usia 2 – 7 tahun rasa ingin tahu akan makin besar. Masa remaja merupakan masa pertentangan dengan dirinya maupun dengan orang dewasa, karena selalu berusaha untuk memposisikan diri sebagai orang dewasa walaupun secara emosional belum memadai. Selanjutnya, setelah usia 30 tahun, mulai dapat mengendalikan diri dan mampu menempatkan diri sebagai individu yang bertanggung jawab.

Maka bila kita urutkan perkembangan manusia yakni perkembangan anak sampai dengan masa remajanya adalah seperti ini

  • Tahap Prenatal : diamana dari masa kandungan sampai dengan masa setelah kelahiran, dalam masa kehamilan adalah masa pertumbuhan tercepat, dimana otak dan struktur tubuh tumbuh, dan masa ini adalah masa pertumbuhan tercepat pada manusia.
  • Masa bayi dan balita : dimulai setelah kelahiran sampai dengan usia 3 tahun, semua sistem indera pada masa ini beroperasi , otak tumbuh makin rumit dan sangat sensitif terhadap pengaruh lingkungan, serta diiringi dengan  perkembangan motorik yang berlangsung cepat.
  • Masa kanak awal : dimulai pada usia anak umur 3 tahun sampai dengan 6 tahun , ditandai dengan pertumbuhn yang stabil, penampilan menjadi lebih ramping dan mirirp orang dewasa , dalam masa ini kehilangan selera makan dan masalah tidur adalah hal yang lazim, memiliki kecenderungan menggunakan satu tangan lebih dominan terlihat pada masa ini, ditandai juga dengan meningkatnya keterampilan motorik halus dan kasar serta kekuatan mengingat.
  • Masa kanak tengah : pertumbuhan melambat, kekuatan dan keterampilan atletik meningkat, penyakit pernafasan adalah hal yang lazim pada masa ini, tetapi masalah kesehatan umumnya lebih baik dari masa yang lainya dalam rentang kehidupan.
  • Remaja : terjadi pada usia manusia di umur 11 sampai degan 20 tahun pertumbuhan fisik dan perubahan lainya berlangsung cepat dan ekstrem. Kematangan repsoduksi berlangsung.
  • Dewasa Muda : kondisi fisik memuncak, kemudian sedikit menurun , pilihan gaya hidup mempengaruhi kesehatan .
  • Dewasa tengah : kemunduran yang melambat pada kemampuan sensorik, kesehatan, stamina dan kekuatan dimulai, tetapi perbadaan individual lebar, perempuan mengalami menopause .
  • Dewasa tua : kebanyakan orang sehat dan aktif , meskipun kesehatan dan kemampuan fisik menurun secara umum. Waktu reaksi yang melambat memengaruhi beberapa aspek fungsi.

(dalam Papalia & Olds, 2009)

 

Dari tahapan-tahapan perkembangan diatas kita dapat sama-sama mengetahui bahwasanya perkembangan fisik pada manusia dipengaruhi juga dengan faktor umur, dalam perkembangan fisiknya pada masa masa awal sangat cepat dan semua organ mulai berfungsi maksimal , dan memasuki masa akhir kondisi fisik, kemampuan organ dan panca indera mulai menurun hingga memasuki akhir hayat nya seorang manusia.

 

About these ads

Posted on Maret 29, 2013, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

as-syuhada

This WordPress.com site is the bee's knees

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: