INTERNET

INTERNET

  1. Internet.
Internet, sebuah kata yang tidak asing lagi diseputar kehidupan manusia, salah satu bentuk kemajuan dari teknologi informasi dan komunikasi, telah banyak aktifitas yang didukung oleh internet ini dengan tujuan mempermudah hal yang agak sulit dilakukan jika tanpa bantuan internet ini. Dalam teknologi informasi dan komunikasi internet juga merupakan salah satu sarana penunjangnya.

Berikut ini adalah  satu contoh pengertian internet yang saya ambil dari id.wikipedia.org

Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistemglobal Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking (“antarjaringan”).

Sebelum melanjutkan kepada internet ada baikya kita melihat sedikit terlebih dahulu mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Sebenarnya dalam teknologi informasi dan komunikasi ada banyak alat yang dapat digunakan beberapa diantaranya ialah sebagai berikut.

  • Telepon

Seratus tahun yang lalu , seorang ilmuan percaya bahwa aliran listrik dapat digunakan untuk membawa suara ketempat yang sangat jauh . akan tetapi bagaimana bisa gelombang suara bisa berada di dalam arus listrik ? Akhirnya setelah beberapa tahun bekerja keras, Bell menemukan jawabanya. Penemuanya merupakan jenis telepon pertama. Penemuanya mengubah kehidupan manusia. Pernahkah kita berbicara dengan  dedeorang yang sangat jauh dengan menggunakan telepon  ? menakjubkan bukan ? walaupun kita berada di tempat yang sangat jauh, tetapi kita dapan mendengar lawan bicara kita dengan sangat jelas.

Suara yang bergetar di udara disebut gelombang bunyi. Semua gelombang gelombang bunyi berbeda dengan yang lain. Ada yang keras. Lembut dan ada yang bergetar sangat cepat dari yang lainya. Oleh karena itu setiap gelombang bunyi dapat merambat melalui sinyal arus listrik melewati kabel (Kuswayanto, 2006)

  • Radio

Radio adalah teknologi berupa pengiriman sinyal oleh modulasi gelombang elektromagnetik. Gelombang ini dapat merambat melewati udara dan ruang hampa udara. Gelombang ini tidak memerlukan medium untuk perambatanya.

Gelombang radio adalah satu bentuk dari radiasi elektromagnetik yang terbentuk ketika materi  bermuatan listrik dipercepat menggunakan frekwensi yang terdapat dalam frekwensi radio (RF) pada spektrum elektromagnetik. Gelombang radio memiliki jangkaan 10 hertz hingga beberapa gigahertz. Adapun adapun gelombang elektromagnetik lainya yang memiliki frekwensi diatas gelombang radio adalah sinar gamma, sinar – X, inframerah, ultraviolet, dan cahaya tampak .

Ketika gelombang radio melewati kabel, osilasi dari medan listrik dan megnetik akan memepengaruhi arus bolak-balik dan tegangan pada kabel. Peristiwa ini dapat menghasilkan sinyal audio pembawa informasi. Informasi inilah yang sering kita dengar sebagai radio  (Kuswayanto, 2006) .

  • Televisi

Televisi merupakan alat telekomunikasi yang berfungsi  yang berfungsi menagkap siaran bergambar. Kata televisi berasal dari kata tele  dan  vision , yang memiliki arti jauh (tele)  dan tampak (vision). Penemuan televisi disamakan dengan penemuan roda karena mampu merubah peradaban dunia.

Dalam penemuan televisi, terdapat banyak pihak yang terlibat baik perorangan maupun badan usaha. Penemuan televisi tidak dapat dipisahkan dari penemuan dasar hukum gelombang elektromagnetik yang ditemukan oleh Joseph Henry dan Michael Faraday (1831), (Kuswayanto, 2006).

  • Komputer

DSC_0075[1]

Komputer sebuah kata yang sudah familiar dikalangan umum, sebuah alat yang dipakai untuk mengolah informasi, menyimpan dan meghitung data. “Pada awalnya kata komputer dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaanya melakukan perhitungan aritmatika tanpa menggunakan alat bantu. Akan tetapi, kini komputer banyak digunakan untuk keperkuan yang tidak berhubungan dengan matematika”. (Kuswayanto, 2006).

2. Sejarah Internet.

Kurang lengkap rasanya bila membahas internet tanpa mengetahui sejarahnya terlebih dahulu, mungkin beberapa diantara kita telah mengetahui apa sejarah dari internet itu sendiri, tapi tidak ada salahnya untuk kembali mengingat kita sama sama m

ereview kembali sejarah dari internet yang telah sama sama kita telah rasakan manfaatnya di saat sekarang ini, di bawah ini adalah sejarah internet yang ketika itu masih digunakan untuk kalangan terbatas saja, dan belum dokomersialkan kepada khalayak, sampai pada akhirnya kalangan umum dapat menggunakanya dikehidupan sehari-hari.

  • Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.
  • Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
  • Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
  • Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
  • Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

3. Jaringan Telekomunikasi.

Selanjutnya adalah jaringan telekomunikasi, kurang pas sepertinnya jika bagian ini belum di lampirkan, karena jika tanpa

adanya hubungan ke jaringan, seseorang belum bisa menggunakan internetnya ada berbagai cara  agar kita dapan terhubung

dengan internet dengan menggunakan cara seperti menyambung dengan wireless atau wireline dan lain lain, tetapi ada satu cara yang menurut saya unik, yakni PLC atau dikenal juga sebagai Power line communication sambungan internet dengan menggunakan jaringan listrik rumahan, jika wireless yang non kabel, dan wireline yang menggunakan sambungan telepon rumah yang di produksi PT Telkom, maka PLC ini sedikit berbeda yakni dengan kabel listrik

  • PLC (Power line communication)

PLC (Power line communication) atau komunikasi melalui kabel listrik, juga dikenal sebagai Power Line Digital Subscriber Line (PDSL)mains communicationPower Line Telecom(PLT)Power Line Networking (PLN), atau Broadband over Power Lines (BPL) adalah sistem untuk membawa data pada konduktor yang juga digunakan untuk transmisi tenaga listrik. Sehingga jaringan listrik selain berfungsi sebagai sumber listrik juga menjadi media penghantar komunikasi.

Daya listrik ditransmisikan melalui jalur transmisi tegangan tinggi, yang didistribusikan melalui tegangan menengah, dan digunakan di dalam gedung pada tegangan rendah. PLC dapat diterapkan pada setiap tahap. Kebanyakan teknologi PLC membatasi diri untuk satu set kabel (misalnya, kabel tempat), tetapi beberapa dapat silang antara dua tingkat (misalnya, baik jaringan distribusi dan kabel tempat).Biasanya trafo mencegah menyebarkan sinyal yang memungkinkan beberapa teknologi PLC

dijembatani untuk membentuk jaringan yang sangat besar.

Sumber : Wikipedia

          4.   Internet jika dipandang dari segi kegunaanya.

       Masih ingat dengan kotak pos ? tentunya di era kira-kira 90an pos ini masih populer, demikian juga wesel pos, kegunaanya tentu semua orang telah paham, yakni mengantarkan surat kita kepada seseorang, dan wesel untuk bagi yang ingin mengirim sejumlah uang, nah akan tetapi di era sekarang ini untuk mengirim surat kita lebih mengenal istilah e-mail atau yang dikenal juga sebagai Electronic mail tinggal mengetikan surat apa yang ingin kita buat di PC dan yang terpenting adalah kita yang ingin mengirim e-mail dan orang yang dituju untuk dikirimkan surat sudah sama-sama telah memiliki akun (account) e-mail masing masing, tanpa harus menunggu berhari-hari agar surat sampai, tanpa harus membeli sejumlah amplop dan perangko dan hanya tinggal “Klik” surat yang dimaksud pun akan tiba kepada si penerima dengan cepat, tidak seperti surat pos yang kecepatan sampainya bisa dikategorikan dengan perangko yang dibeli, nah kalau dilihat-lihat juga, ini akan menghemat penggunaan kertas, tidak sampai disini saja, yuk sama-sama kita lihat keunggulan lainya

Screenshoot wikipedia

1)      Search Engine
Kita dapat mencari informasi yang dapat kita perlukan dengan cukup memanfaatkan Search Engine, maka informasi yang kita cari tersebut dapat segera kita temukan, beberapa search engine yang cukup dikenal khalayak umum diantaranya Google atau Yahoo (Osman, 2007).

2)      Audio-Video

Fasilitas ini memberikan kesempatan ada kita untuk mencari hiburan lewat video, game dan music kita dapat menikmatinya tanpa harus membeli sebuah video, game ataupun music belum lagi kita harus mengeluarkan banyak uang untuk itu.

schreenshoot googleVideo, game dan music yang kita nikmati berasal dari situs di seluruh dunia. Hiburan-hiburan yang disajikan di dalam internet dari waktu ke waktu akan diperbaharui atau di-Update sehingga kita dapat mengukuti video, game dan music dari waktu ke waktu (Osman, 2007).

3)      Mailling List

 Mailling List adalah fasilitas internet yang memungkinkan banyak pengguna dapat berhubungan pada saat bersamaan, mailling list sangat bermanfaat dalam melakukan diskusi, ceramah, dan perkuliahan tanpa dibatasi ruang dann waktu (Osman, 2007).

4)      File Transfer

Melalui fasilitas fasilitas ini kita dapat mentransfer beberapa file dari komputer lain di dalam internet ke dalam Harddisk pada komputer komputer kita  (proses ini disebut dengan istilah Download ) atau sebaliknya kita dapat mentransfer file yang ada dikomputer kita ke komputer lain yang terhubung internet (proses ini disebut dengan istilah upload ),

5)      Belanja OnLine

Saat ini telah banyak bermunculan situs yang menawarkan belanja secara online, artinya untuk membeli barang, kita tak perlu datang ke toko atau pabrik pembuatan barang tersebut. Kita cukup duduk di depan komputer, mencari barang yang diinginkan, memesan, dan membayarnya. Biasanya ada dua pilihan pembayaran, yaitu pembayaran secara online atau dengan menggunakan fasilitas kartu kredit, atau pembayaran secara tunai saat barang pesanan sampai dirumah.

6)      Internet Banking

screenshoot mandiri banking

Saat ini sudah banyak bank , baik yang dimiliki oleh pemerintah ataupun pihak swasta yang memberikanlayanan ini nasabah tidak perlu datang langsung ke bank yang dimaksud untuk melakukan berbagai transaksi pembayaran dan transaksi antar rekening nasabah.layanan Internet Banking atau Electronic Banking. Melalui

Daftar Pustaka :

Kuswayanto, L. (2006). Mahir dan Terampil Berkomputer. Bandung : Grafindo Media Pratama.

Osman, O. (2007). Teknologi Informasi dan Komunikasi . depok: Arya Duta.

http://farisjunior.wordpress.com/2011/01/06/jaringan-internet-melalui-kabel-listrik-plc
http://id.wikipedia.org/wiki/Power_Line_Communication

 

Iklan

Posted on Oktober 6, 2013, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Sebersit Angan

R. Widura Abiseka.

Helmy Munandar

SEMOGA BERMANFAAT

My Activities

A topnotch WordPress.com site

As_syuhada

إذا صدق العزم وضح السبيل ^_^

%d blogger menyukai ini: