SEJARAH KOMUNITAS ONLINE, KOMUNITAS & FUNGSINYA.

 SEJARAH  KOMUNITAS ONLINE, KOMUNITAS & FUNGSINYA.MEDIA ONLINE

Komunitas online, ketika mendengar kata ini mungkin akan terbayang di benak kita berbagai macam situs media sosial berbasis internet yang menghubungkan kita dengan banyak orang mulai dari orang yang kita kenal, sampai dengan orang yang belum kita kenali sama sekali, bahkan bisa jadi bertemu dalam satu komunitas online dengan warga negara lain, ketika saya mencari pengertian tentang arti sebuah komunitas, sebelum memasuki pembahasan komunitas online, saya menemukan definisi dari sebuah komunitas yang saya ambil dari beberpa sumber, berikut adalah penjelasanya :

SEJARAH KOMUNITAS ONLINE

1. FACEBOOK.

FBSaya yakin hampir semua pengguna gadget baik smartphone dan lain-lain sudah tak asing dengan nama ini, inilah sebuah jejaring media sosial yang masih tetap eksis sampai di awal tahun 2014an ini, dan masih banyak pengguna yang menggunakanya, mulai dari hanya sekedar chatting, bermain game online, sarana promosi, sampai berbagi foto-foto moment penting antar sesama user, Didirikan oleh Mark Zuckerberg beserta teman sekamarnya dan sesama mahasiswa yang bersekolah di Universitas Harvard, yaitu Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Facebook yang awalnya hanya terbatas untuk kalangan mahasiswa Harvard saja kemudian diperluas hingga mencakup perguruan lain, Situs ini perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun. Diluncurkan pada Februari 2004, dan sampai saat ini masih banyak orang orang yang menggunakanya dengan berbagai fasilitas untuk berbagai macam kepentinganya.

2.TWITTER

TwitterTWITTER !!! ya, Hampir dapat diprediksikan jika seseorang yang telah memiliki akun facebook yang terintegrasi pada gadgetnya pasti telah mengenal salah satu jejaring sosial yang satu ini, didirikan oleh Jack Dorsey pada tahun 2006, dan situs jejaring sosialnya pada maret 2006, selain sebagai media jejaring sosial, twitter juga sering dimanfaatkan untuk berbagai macam hal, salah satunya ialah live report berita-berita di berbagai tempat, bahkan sampai media berkampanye, dan jangan sampai lupa juga bahwa bapak presiden kita juga mempunyai akun twitter lho :) gak percaya? bisa cek sendiri.

Nah.. dari ke dua jejaring sosial diatas saja sudah banyak kelompok-kelompok unik didalamnya, mulai dari kelompok pencinta hewan reptil, sampai kelompok-kelompok yang berdasarkan hobi dan berbagai macam kepentingan didalamnya.

KOMUNITAS

Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Dalam komunitas manusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, risiko dan sejumlah kondisi lain yang serupa. Komunitas berasal dari bahasa Latin communitas yang berarti “kesamaan”, kemudian dapat diturunkan dari communis yang berarti “sama, publik, dibagi oleh semua atau banyak”. (Wenger, 2002: 4). Menurut Crow dan Allan, Komunitas dapat terbagi menjadi 3 komponen:

  • Berdasarkan Lokasi atau Tempat

Wilayah atau tempat sebuah komunitas dapat dilihat sebagai tempat dimana sekumpulan orang mempunyai sesuatu yang sama secara geografis.

  • Berdasarkan Minat

Sekelompok orang yang mendirikan suatu komunitas karena mempunyai ketertarikan dan minat yang sama, misalnya agama, pekerjaan, suku, ras, maupun berdasarkan kelainan seksual.

  • Berdasarkan Komuni

Komuni dapat berarti ide dasar yang dapat mendukung komunitas itu sendiri.

(Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Komunitas)

Komunitas terbentuk atas dasar kesukuan , asal usul keturunan , keyakinan agama keyakinan politik, pekerjaan atau persahabatan (Suhardi, 2009)

Jika dilihat dari penjelasan diatas, ada beberapa point yang mendasari timbulnya sebuah komunitas jika berdasar dari sebuah lokasi atau tempat, mungkin begitu banyak komunitas yang bersifat kedaerahan, mungkin jika dahulunya mereka mengadakan pertemuan rutin di sebuah tempat untuk mengadakan sebuah perkumpulan, jika di alihkan dengan basis internet mereka tak perlu lagi datang dari tempat jauh guna untuk bertemu sesama komunitasnya, dengan media chat atau bahkan videochat atau teleconfrence untuk berinteraksi bersama, namun tak jarang juga berawal dari sebuah komunitas online bukan hanya yang sifatnya kedaerahan saja, mereka mengadkan sebuah pertemuan yang real dengan istilah “copy darat” yang dimaksud ialah mereka yang tergabung dalam sebuah komunitas berbasis online, melakukan pertemuan atau family gathering yang direncanakan sebelumnya di forum komunitas tersebut, dengan agenda yang bervariasi.

            Sebuah komunitas online menurut saya biasanya memiliki sebuah tujuan, misal satu  grup yang memiliki sebuah dasar kenapa grup tersebut dibentuk, misal sebagai kelompok belajar kelas atau sebuah grup komunitas game tertentu atau bahkan sebuah grup yang memfasilitasi anggotanya untuk transaksi atau media perantara jual beli.

  • DEFINISI KOMUNITAS ONLINE

Menurut Ferguson et al., 2004, komunitas online adalah sebuah tempat dimana sekelompok orang berkumpul untuk berbagi sence of community sebagaimana orang-orang yang tidak saling mengenal memiliki kesamaan ketertarikan minat, didalam sebuah situs internet yang menawarkan beberapa layanan online, meliputi beberapa akses kepada lingkungan sosial, layanan komunitas, informasi resmi, dan layanan e-commerce kepada penghuninya.

  •  FUNGSI SOSIAL INTERNET TERHADAP INDIVIDU

Menurut saya pribadi ada banyak hal yang dapat dimanfaatkan dari pada internet, setelas saya lihat beberapa fungsi sosialnya ialah

  • Media berbagi informasi

Kenapa bisa demikian, karena kita dapat dengan cepat mengetahui adanya kabar atau sebuah hal yang kita inginCommuter line ketahui cukup dengan mengakses media yang dituju

            Misal : kita dapat mengetahui keadaan lalulintas secara langsung tanpa repot meninjau langsung ke tempat tersebut, sebuah account Twitter milik Polda metro jayadengan traffic management nya menyajikan berbagai info tentang keadaan lalulintas dari berbagai Spot yang ingin ditinjau oleh si pencari info, ada juga account Commuter Line milik PT. KCJ yang bergerak di sektor moda transportasi massal kereta api, yang mencapai 500.000 pengguna perhari, menyajikan info up date dari jadwal perjalanan kereta api.TMC Polda Metro

  • Latihan untuk menggali skill menulis

Seperti yang kita tahu, banyak situs blog yang menyajikan layanan free untuk memuat tulisan kita didalamnya, selaworpress lgin bisa bertukar ilmu dan informasi antar sesama blogger, skill menulis kita secara tidak langsung akan terasah jika berlatih memposting tulisan yang kita buat, jangan lupa pula apablila mengutip dari sebuah sumber, disertakan pula sumber dari kutipan tersebut, agar tidak di anggap plagiat atau istilahnya hanya mengcopy paste tanpa menyertakan sumber.

  •   Media Sosialisasi suatu hal

Salah satu yang sering kita temui ialah, yang menurut saya pribadi sangat berkaitan dengan fungsi sosial internet itu sendiri ialah, dalam mengkampanye’kan suatu hal, misal mengkampanyekan untuk menghemat listrik atau kampanye anti narkoba, bahkan sampai kampanye politik.

  •   Pasar OnlineTokobagus

Ketika seseorang tak lagi harus mengunjungi tempat dimana ia harus membeli suatu barang yang diingin kan, hanya cukup membuka situs jual beli, dan melihat barang yang ditawarkan, dengan proses negosiasi yang simpel seseorang akhirnya dapat membeli hal yang ia inginkan, dan bebas repot-repot datang ke lapak si penjual.

KESIMPULAN

Komunitas terbentuk dengan berbagai ragam latar belakangnya, sedangkan komunitas online ialah sebuah bentuk kemajuanya dimana teknologi pada saat ini berkembang seiring perubahan zaman yang semakin maju. Dalam konteks fungsi, komunitas online terhadap individu dapat membantu seorang individu yang buta akan informasi, menjadi paham atas bantuan dari komunitasnya, tergantung dari kebutuhan si individu tersendiri, demikian tulisan ini saya buat, semoga bermanfaat bagi pembaca, lalu kurang lebihnya saya mohon maaf sebesar-besarnya, mohon kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan latihann saya, agar saya lebih baik dalam menulis kedepanya.

Sumber :

  • Suhardi, S. S. (2009). sosiologi 2 : Untuk SMA/MA Kelas XI. jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional .

Next Blog kemlompok 8 >>> Abdul Karim

Iklan

Posted on November 21, 2013, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Sebersit Angan

R. Widura Abiseka.

Helmy Munandar

SEMOGA BERMANFAAT

My Activities

A topnotch WordPress.com site

As_syuhada

إذا صدق العزم وضح السبيل ^_^

%d blogger menyukai ini: