BRAINSTORMING, SEJARAH KOMUNITAS ONLINE, KELOMPOK UNIK DAN POLARISASI INTERNET

BRAINSTORMING KELOMPOK KERJA DAN ELEKTRONIK

Brainstorming adalah sebuah kelompok atau teknik kreativitas individu dimana upaya yang dilakukan untuk menemukan kesimpulan untuk masalah tertentu dengan mengumpulkan daftar ide spontan disumbangkan oleh anggotanya.( http://en.wikipedia.org/wiki/Brainstorming)

Variasi dari brainstorming :

Nominal group technique

Patrisipan diminta untuk menuliskan apapun ide mereka dengan tanpa identitas siapa yang menulis ide tersebut, kemudian seorang fasilitator yang mengumpulkan ide tersebut menyerahkan pada group pencari ide tersebut yang memilih id mana yang dipilih, dengan cara mengacungkan tangan bila menyetujui salah satu dari pada ide-ide tersebut. Proses ini disebut juga dengan distillation/penyulingan.

Group passing technique

Cara ini meliputi masing-masing orang pada satu group lingkar mencatat satu ide pada sebuah kertas, kemudian kertas ini berjalan melewati satu demi satu anggota dengan terlebih dahulu menuliskan ide-ide mereka baru setelahnya kertas itu di berikan kepada orang lain untuk menambahkan ide lain menurut dirinya masing masing.

Team idea mapping method

Metode ini mengasosiasikan dari pada brainstroming itu sendiri, cara ini memungkinkan untuk meningkatkan kerjasama dan meningkatkan kuantitas dari ide itu sendiri, dan ini didisain untuk memungkinkan bahwa setiap peserta dapat berpartisipasi dan tidak ada ide yang ditolak.

Electronic brainstorming

Electronic brainstorming adalah versi yang telah terkomputerisasi dari teori ini, secara teknis yang didukung oleh sistem EMS(Electronic meeting system), dalam bentuk yang lebih sederhana juga dapat menggunakan e-mail sebagai bentuk komunikasinya, atau menggunakan perangkat peer-to-peer. Dengan EMS (Electronic meeting system) ini seorang partisipan dapat berbagi banyak ide melalui jaringan yang saling terhubung.

Directed brainstorming

Directed brainstorming adalah salah satu brainstorming elektronik dapat dilakukan secara manual atau dapat juga dilakukan dengan menggunakan komputer, Directed brainstroming bekerja disaat apabila memilah ide dengan suatu kriteria sebelum sebuah sesi tertentu.

Guided brainstorming

Guided brainstorming adalah sebuah sesi yang dipandu baik secara individu maupun kelompok secara kolektif tentang topik tertentu di bawah kendala perspektif dan waktu. Jenis brainstorming menghapus semua penyebab konflik dan kendala percakapan sambil mendorong berpikir kritis dan kreatif dalam menarik, lingkungan yang seimbang.

Individual brainstorming

Biasanya meliputi teknik seperti menulis bebas, berbicara bebas, asosiasi kata, dan menggambar peta pikiran, yang merupakan catatan visual dari orang pada diagram pikiran mereka. Brainstorming individu adalah metode yang berguna dalam penulisan kreatif dan telah terbukti lebih unggul Brainstorming kelompok tradisional.

Question brainstorming

Adalah proses yang melibatkan brainstorming Questions (Pertanyaan), Secara teoritis, teknik ini tidak boleh menghambat partisipasi karena tidak ada kebutuhan untuk memberikan solusi. Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan membentuk kerangka kerja untuk membangun rencana tindakan di masa depan.

SEJARAH KOMUNITAS ONLINE

1. FACEBOOK.

Saya yakin hampir semua pengguna gadget baik smartphone dan lain-lain sudah tak asing dengan nama ini, inilah sebuah jejaring media sosial yang masih tetap eksis sampai di awal tahun 2014an ini, dan masih banyak pengguna yang menggunakanya, mulai dari hanya sekedar chatting, bermain game online, sarana promosi, sampai berbagi foto-foto moment penting antar sesama user, Didirikan oleh Mark Zuckerberg beserta teman sekamarnya dan sesama mahasiswa yang bersekolah di Universitas Harvard, yaitu Eduardo Saverin, Andrew McColluFBm, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Facebook yang awalnya hanya terbatas untuk kalangan mahasiswa Harvard saja kemudian diperluas hingga mencakup perguruan lain, Situs ini perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun. Diluncurkan pada Februari 2004, dan sampai saat ini masih banyak orang orang yang menggunakanya dengan berbagai fasilitas untuk berbagai macam kepentinganya.

2.TWITTER

TWITTER !!! ya, Hampir dapat diprediksikan jika seseorang yang telah memiliki akun facebook yang terintegrasi pada gadgetnya pasti telah mengenal salah satu jejaring sosial yang satu ini, didirikan oleh Jack Dorsey pada tahun 2006, dan situs jejaring sosialnya pada maret 2006, selain sebagai media jejaring sosial, twitter juga sering dimanfaatkan untuk berbagai macam hal, salah satunya ialah live report berita-berita di berbagai tempat, bahkan sampai media berkampanye, dan jangan sampai lupa juga bahwa bapak presiden kita juga mempunyai akun twitter lho 🙂 gak percaya? bisa cek sendiri.Twitter

Nah.. dari ke dua jejaring sosial diatas saja sudah banyak kelompok-kelompok unik didalamnya, mulai dari kelompok pencinta hewan reptil, sampai kelompok-kelompok yang berdasarkan hobi dan berbagai macam kepentingan didalamnya.

KELOMPOK UNIK INTERNET

IMMGIMMG

Awalnya saya agak bingung kira-kira apa yang akan saya angkat dalam judul yang s atu ini, akhirnya saya mulai melamun… melamun… dan akirnya lamunan saya pecah dan saya memilih kelompok ini untuk judul kali ini, yap… memperkenalkan IMMG dengan kepanjangan Ikatan Mahasiswa Minang Gunadarma, kenapa saya memilih IMMG sebagai pilihan ? alasanya ada disini, beberapa minggu yang lalu saya sempat menghadiri acaranya yang bertemakan MFG III  “Minang Family Gathering” yang diadakan untuk yang ke tiga kalinya, IMMG sendiri berdiri pada Tahun 1997, berdasarkan informasi yang saya dapat pada acara tersebut, setelah mulai meredup pada akhirnya pada tahun 2009 dengan beranggotakan 6 orang saja, yakni dari angkatan 2008 dan 2009 kembali mereka merintis IMMG, sampai pada akirnya di awal 2014 ini tetap berjalan, untuk official Twitternya DSC_0031_edit0dapat anda kunjungi di @_IMMG_  ditunggu kunjunganya ya :D.

oke kembali ke acara minang family gath yang ke 3, untuk acara yang diadakan ke tiga kalinya ini, amat berkesan bagi saya, dimulai peserta yang hadir sendiri lebih banyak dari family gath yg ke 2, yang kebanyakan dihadiri mahasiswa minang yang berkuliah di kampus DSC_0019depok saja, akan tetapi kali ini mulai dari gunadarma kalimalang dan karawaci juga turut hadir walau hanya beberapa, saya sendiri berkenalan dengan salah satu mahasiswa dari karawaci tersebut, dan setelah lama berbincang-bincang akhirnya saya ketahui bahwa ia adalah salah satu mahasiswa yang mendapatkan beasiswa bidik misi “mengetahuinya saja saya cukup surprise karena cukup sulit mendapat beasiswa tersebut bagi saya 😦 ” acara dimulai dari pukul 1 siang dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, pengenalan kepengurusan, diskusi bersama, games, sampai ditutup dengan acara Foto bersama.

ROKER KRLmania

Nah ini ni akun twitter yang followernya yang aktif sekali berbagi informasi yang live tentang bagaimana kondisi per”Krl”an baik rute yang ramai seperti rute Bogor-Jakarta dan Bekasi-Jakarta PP atau sampai rute yang tidak terlalu ramai seperti Kp.Bandan-Jakarta, bagi saya yang bertempat tinggal di jakarta utara dan berkuliah di daerah depok, info dari parKRL Maniaa follower yang sepengelihatan saya mayoritas sudah bekerja ini sangat berguna sekali, nah bagi yang belum follow bisa ikuti akun twitter ini di @krlmania terimakasih banyak KRLmania ^^.

dan ada lagi satu info ni, bagi kalian para pengguna rutin jasa angkutan Krl ada juga akun resmi dari PT. KCJ yang menampung kritik dan saran juga sebagai penyedia informasi silahkan follow di @CommuterLine .

POLARISASI INTERNET

Di dalam jaringan internet umumnya akan terbentuk kelompok-kelompok atau forum-forum yang memiliki tujuan masing-masing. Pengelompokan di internet juga dapat berasal dari fasilitas internet yang beragam seperti beragamnya layanan yang disediakan internet seperti fasilitas jejaring sosial, fasilitas streaming, fasilitas berbagi informasi, fasilitas unggah dan unduh, fasilitas jual beli, fasilitas cloud software, dan sebagainya. Hal tersebut dapat kita katakan sebagai sebuah polarisasi internet, yang daripadanya akan terbentuk kelompok-kelompok pengguna.

Sebagai contoh polarisasi yang diakibatkan oleh fasilitas internet adalah pembentukan kubu para pengguna. Misalkan anda adalah pengguna layanan jejaring sosial dibawah. Maka disadari atau tidak anda sudah ikut terpolarisasi dan menjadi bagian dari salah satu kelompok pengguna salah satu fasilitas jejaring sosial diatas.(http://deathneverlost.wordpress.com/2012/10/31/polarisasi-dalam-internet-hingga-terbentuk-kelompok/)

NEXT BLOG : Abdul Karim

Iklan

Posted on Januari 28, 2014, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Sebersit Angan

R. Widura Abiseka.

Helmy Munandar

SEMOGA BERMANFAAT

My Activities

A topnotch WordPress.com site

As_syuhada

إذا صدق العزم وضح السبيل ^_^

%d blogger menyukai ini: