Analisis Kasus Mengenai Kepuasan Kerja

Kisah Pencipta Senapan Serbu AK-47: Salahkan Nazi Jerman!

 

Mikhail Kalashnikov meninggal dunia di sebuah rumah sakit di Izhevsk, ibukota Republik Udmurtia, tempat tinggalnya. Dalam usia 94 tahun. Namanya memang tak setenar benda ciptaannya: senapan serbu AK-47 alias Avtomat Kalashnikova 1947.  Yang hingga kini masih jadi bedil yang paling banyak diproduksi.

Kabar lelayu bahkan diumumkan langsung oleh juru bicara kepresidenan Udmurtia, Viktor Chulkov. Menandakan ia bukan orang biasa. Meski tak disebut pasti apa penyebab nyawanya melayang. Yang jelas, Kalashnikov sudah dirawat di rumah sakit sebulan terakhir, dengan masalah kesehatan yang tidak diungkap.

Kalashnikov memang orang penting. Senjata api ciptaannya menjadi yang paling populer di dunia, disukai oleh gerilyawan, teroris dan banyak tentara. Diperkirakan 100 juta AK-47  tersebar di seluruh dunia.

Kalashnikov awalnya berangan-angan menciptakan peralatan pertanian, namun alih-alih tanaman, AK-47 ciptaannya banyak menebar kekacauan. Namun, toh ia tak pernah merasa bersalah dan terbebani oleh kontribusinya terhadap pertumpahan darah.

“Aku tidur dengan nyenyak,” kata dia di tahun 2007, seperti Liputan6.com kutip dari News.com.au, Selasa (24/12/2013). “Para politisi yang harus disalahkan karena gagal mencapai kesepakatan dan melakukan kekerasan.”

Dan meski tak akurat, kasar, dan amat sederhana, performa AK-47 amat baik di medan berpasir dan basah — yang bisa membuat senjata yang lebih canggih seperti M-16 buatan AS, macet.

“Selama perang Vietnam, tentara Amerika akan membuang M-16 mereka dan menggantinya dengan AK -47 dan meraup pelurunya dari tentara Vietnam yang tewas, ” kata Kalashnikov pada bulan Juli 2007, pada upacara peringatan 60 tahun AK-47.

Kesesuaian AK-47 digunakan pada pertempuran di hutan dan padang pasir pertempuran membuatnya nyaris ideal untuk pemberontak Dunia Ketiga yang didukung oleh Uni Soviet. Dan Moskow tidak hanya membagikan AK-47 secara luas tetapi juga lisensi produksinya ke sekitar 30 negara.

AK-47 tenar di antara kaum revolusioner dan perjuangan pembebasan nasional. Bahkan gambarnya diabadikan pada bendera Mozambik.

Salahkan Nazi Jerman!

Kalashnikov  dilahirkan dalam sebuah keluarga petani di Siberia. Ia memujlai karirnya sebagai pegawai jawatan kereta api. Setelah bergabung dengan Tentara Merah pada tahun 1938, ia mulai menunjukkan bakat terpendamnya di bidang mekanik dengan menciptakan beberapa modifikasi untuk tank Uni Soviet.

Momentum yang mengubah hidupnya terjadi pada 1941 di pertempuran Bryansk melawan tentara Nazi. Sebuah mortir menghantam tanknya. Di masa pemulihan dari cederanya di rumah sakit, Kalashnikov terbayang-bayang senapan otomatis yang digunakan Nazi. Ia lalu menyempurnakan idenya, dan 5 tahun kemudian terwujud senapan baru.

“Salahkan Nazi Jerman karena membuatku menjadi seorang desainer senjata” kata Kalashnikov. “Yang aku inginkan saat itu adalah menciptakan mesin pertanian.”

Berkat ciptaannya, Kalashnikov jadi kebanggan di Uni Soviet dan negara-negara pecahannya. Pada tahun 2007, Presiden Rusia Vladimir Putin memujinya dengan mengatakan, “Senapan Kalashnikov  adalah simbol dari kejeniusan dan kreatifitas bangsa kami.”

Selama karirnya di militer, Kalashnikov banjir penghargaan, termasuk Pahlawan Buruh Sosialis (Hero of Socialist Labor), Order of Lenin, dan Stalin Prize. Namun, karena karyanya tak pernah dipatenkan, ia tak pernah kaya dari itu. Tak dapat royalti.

“Pada saat itu di negaraku, mematenkan penemuan itu bukan hal penting. Kami bekerja untuk masyarakat sosialis, demi kebaikan rakyat, yang saya tidak pernah menyesal,” kata dia suatu ketika.

Kalashnikov terus bekerja sampai usianya mencapai 80-an tahun, sebagai kepala desainer di Izmash — perusahaan yang pertama kali memproduksi AK- 47.

Dia juga berkeliling dunia membantu Rusia menegosiasikan kesepakatan senjata baru. Juga menulis buku tentang hidupnya, tentang senjata dan tentang pendidikan untuk remaja.

“Setelah runtuhnya negara besar dan perkasa Uni Soviet begitu banyak omong kosong yang telah dipaksakan pada kami, terutama pada generasi muda, ” kata Kalashnikov. “Saya menulis enam buku untuk membantu remaja menemukan jalan mereka dalam kehidupan.”

Kali lain, Kalashnikov mengaku bangga dengan patung perunggu dirinya yang dipasang di desa asalnya di Kurya di wilayah Altai, Siberia. Para pengantin baru kerap datang dan meletakkan bunga di dada patung, sembari berbisik, “Paman Misha, berkati kami dengan kebahagiaan dan anak-anak yang sehat.”

“Coba, pembuat senjata mana yang bisa bisa membanggakan hal seperti itu?,” kata Kalashnikov, bungah. (Ein)

SUMBER BERITA :

Elin Yunita Kristanti (2013) Kisah Pencipta Senapan Serbu AK-47: Salahkan Nazi Jerman!., http://news.liputan6.com/read/783232/kisah-pencipta-senapan-serbu-ak-47-salahkan-nazi-jerman., Diakses pada 6-11-2014.

ANALISIS KASUS

 

  • ……Kepuasan kerja dapat didefinisikan sebagai perasaan dan reaksi individu terhadap lingkungan pekerjaannya.

 

 

“Pada saat itu di negaraku, mematenkan penemuan itu bukan hal penting. Kami bekerja untuk masyarakat sosialis, demi kebaikan rakyat, yang saya tidak pernah menyesal,” kata dia suatu ketika.

 

Meski tidak mematenkan hasil kerja yang ia buat, dan tidak pula mendapatkan royalti atas hasil karya yang dibuatnya dari sebuah senapan serbu yang populasinya banyak digunakan hingga saat ini, ia tidak menyatakan sebuah penyesalan atas hal itu, ia merasa jika hal yang dibuatnya dapat menghasilkan kebaikan demi rakyat yang ada disana, ia tidak menyesaliya.

hal ini sesuai dengan salah satu indikator tentang apa itu sebuah kepuasan kerja, yakni “Kepuasan kerja dapat didefinisikan sebagai perasaan dan reaksi individu terhadap lingkungan pekerjaannya” terkait dengan perasaan ketidakmenyesalanya untuk mematenkan karyanya hingga tidak mendapatkan royalti dari hasil yang ia buat, dapat dikatakan sebagai sebuah reaksi individu, dan menyatakan juga bahwa ia tidak menyesal jika itu demi kebaikan masyarakat disana sebagai pernyataan lingkungan pekerjaanya yang berkecimpung dalam dunia pembuatan senjata, walaupun pada awalnya ia hanya ingin membuat sebuah mesin dengan focus pada ranah pertanian.

 

  • Kepuasan kerja merupakan kegembiraan atau pernyataan emosi yang positif hasil dari penilaian salah satu pekerjaan atau pengalaman-pengalaman pekerjaan.

 

  • Koesmono juga mengemukakan bahwa kepuasan kerja merupakan penilaian, perasaan atau sikap seseorang atau karyawan terhadap pekerjaannya dan berhubungan dengan lingkungan kerja, jenis pekerjaan, kompensasi, hubungan antar teman kerja, hubungan sosial ditempat kerja dan sebagainya.

 

“Kali lain, Kalashnikov mengaku bangga dengan patung perunggu dirinya yang dipasang di desa asalnya di Kurya di wilayah Altai, Siberia. Para pengantin baru kerap datang dan meletakkan bunga di dada patung, sembari berbisik, “Paman Misha, berkati kami dengan kebahagiaan dan anak-anak yang sehat.”

“Coba, pembuat senjata mana yang bisa bisa membanggakan hal seperti itu?,” kata Kalashnikov, bungah. (Ein)

Coba kita perhatikan dari kata-kata yang dikutip dari artikel diatas, Kalasnikov menyatakan kebanggaan dirinya atas patung perunggu yang didedikasikan kepada dirinya selaku pembuat senjata professional, patung dirinya tersebut membuatnya bangga dikenal sebagai pembuat senjata yang saat ini dikatakan sebagai senapan legendaris Avtomat Kalasnikov 47, atau dikenal sebagai AK-47, hal ini menandakan sebuah kepuasan akan hasil kerjanya yang sampai saat ini banyak digunakan di dunia, dapat dikatakan hal ini merupakan sebuah bentuk emosi positif yang ditunjukan Kalasnikov, menandakan adanya sebuah kepuasan kerja, dikata-kata beliau selanjutnya juga menunjukan adanya sebuah emosi positif sebagai seorang pembuat senjata :

patung perunggu dirinya yang dipasang di desa asalnya di Kurya di wilayah Altai, Siberia. Para pengantin baru kerap datang dan meletakkan bunga di dada patung, sembari berbisik, “Paman Misha, berkati kami dengan kebahagiaan dan anak-anak yang sehat.” “Coba, pembuat senjata mana yang bisa bisa membanggakan hal seperti itu?,” kata Kalashnikov, bungah”

 

diambil dari kutipan berikut, Kalasnikov kembali menunjukan emosi positifnya terhadap profesinya, ia mengatakan pembuat senjata mana yang dapat membanggakan hal seperti itu, ketika ia menjeaskan patung dirinya yang dihampiri pengantin baru lalu meletakan bunga di dada patung seraya berbisik untuk minta diberkati anak, dari sini dapat ditarik sebuah kesimpulan, emosi positif telah di ungkapkan, dan hal penilaian pun telah ia lakukan sebagai hal yang baik, searah dengan apa itu kepuasan kerja, Kalasnikov telah menunjukanya.

 

Iklan

Posted on November 8, 2014, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Sebersit Angan

R. Widura Abiseka.

Helmy Munandar

SEMOGA BERMANFAAT

My Activities

A topnotch WordPress.com site

As_syuhada

إذا صدق العزم وضح السبيل ^_^

%d blogger menyukai ini: